CUCAK IJO BANYUWANGI : Perawatan CUCAK HIJAU di musim hujan

Agar jagoan kita tetep vit dan sehat




Hai .. sobat kicau mania kali ini kita akan membahas tips-tips perawatan burung cucak hijau di musim hujan karna di musim hujan cucak hijau rawan terserang penyakit, maka dari itu kita perlu lebih perhatian terhadap burung cucak ijo kesayangan kita,dan untuk perawatan burung kesayangan kita semasa musim panas tentunya berbeda dengan pola perawatan burung di musim hujan seperti saat ini. Demikian pula dengan pola perawatan burung cucak ijo kesayangan kita. saya akui untuk burung jenis ini pola rawatan pada musim penghujan relatif lebih sulit dibandingkan pada musim panas.


Kita harus pandai-pandai mengotak-atik pola rawatan agar burung tetap on fire meski hujan mengguyur deras. Namun, di antara para ijomania satu dengan yang lain tidak ada yang sama. merka punya cara tersendiri sesuai dengan pengalaman mereka masing- masing.


Burung cucak hijau memiliki kecenderungan lesu di kala udara dingin atau intensitas cahaya rendah. “Di situ menjadi tantangan tersendiri bagi perawat burung satu ini. Kalau tiba-tiba hujan mengguyur dan jadwal lomba sudah waktunya naik, pasti akan banyak burung nggak kerja,”.


Burung yang satu ini memang salah satu burung yang membutuhkan penjemuran panas matahari secara rutin meski tidak harus dalam waktu lama. Pada kondisi cuaca kurang mendukung, seperti mendung sejak pagi, umumnya cucak hijau gak akan tampil maksimal. Apalagi bila pas lomba tiba-tiba hujan, maka sebagian besar cucak hijau pasti hanya akan didis atau tidur kalau dipaksakan.



1. Mengurangi frekuensi mandi



Salah satu perubahan perawatan selama musim penghujan adalah mengurangi frekuensi mandi pagi. terkecuali burung mandi atas kemauanya sendri. Yang penting diumbar secukupnya 2 jam dalam sehari sambil dianginkan dan usahan misal ada sinar matahari bisa dijemur meski hanya sebentar.


Kecuali saat mau lomba. mandinya cukup di hari-H, dan itupun pagi menjelang dibawa ke lapangan. Untuk kebutuhan eksfooding cukup diberikan ulat hongkong 3 ekor atau secukupnya sesuai kebiasaan masing-masing gacoan kita. Sedangkan porsi jangkriknya ditambah.



2. Pemberian Multivitamin


Pemberian multivitamin di musim dingin wajib dilakukan. Tujuannya, untuk antisipasi karena perubahan cuaca berpengaruh pada kondisi burung. Pemenuhan ekstrafooding tetap diberikan sesuai kebiasaan burung kita.


3.Kebersiahan sangkar


Kemudian bila saat musim hujan seperti saat ini maka yang sangat perlu diperhatikan yakni kebersihan kandang sangat perlu perhatian ekstra.


hujan tiba-tiba turun maka sebaiknya disimpan didalam rumah guna menghindari cuaca dingin. Dan sebaiknya burung ditutup krodong. dan dekatkan dengan lampu agar burung kesayangan tetap hangat.


Dalam rawatan harian tetap tidak ada yang berubah yakni extra fooding berupa jangkrik tetap diberikan 3p-3s atau sesuai kebiasaan burung kita. Kemudian bila cuaca agak cerah, mandi dan jemur secukupnya.


4. Utak-atik ekstrafooding


misalnya mencoba memberikan pisang kapok yang diolesi madu. Tujuannya, agar tenaga burung tetap terjaga dan penampilan pun lebih stabil.




Kesimpulanya semaksimal apa pun usaha pengubahan pola rawatan, tetap saja burung Cucak hijau membutuhkan penjemuran yang cukup. “sesungguhnya cucak hijau akan tampil maksimal, apabila cuaca panas cukup si burung pasti akan tampil lebih dahsyat lagi” .











Mungkin temen-temen kicau mania ada yang mau pesen cucak hijau banyuwangi bisa hub saya di facebook : toko istana kicau
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: